Maali96 mengucapkan

Senin, 14 November 2011

Jangan Banyak Bicara


            Halo kawan maali96 ***sebutan baru nih ye..*** yang selalu setia menunggu apdet dari blog ini. Oke pasti kawan-kawan udah penasaran kan sama postingan yang berjudul “Jangan Banyak Bicara” yang kali ini kawan baca ?. alright, yuk kita simak sama-sama dan seksama.
          Imam al-Ghazali menjelaskan dalam salah satu kitabnya tentang ciri-ciri beberapa orang yaitu :

·         Ciri-ciri Orang Bodoh adalah Banyak Bicara
Nah, kali ini ciri-ciri orang bodoh adalah banyak bicara. Penjelasannya gampang yakni, ketika dalam suatu musyawarah RT/RW pak RT/RW sedang memberikan penyuluhan. Lalu, ada salah seorang memotong pembicaraan pak RT/RW tersebut dengan memberikan usul yang terkesan Brilliant. Meskipun usulnya brilian tetapi tindakan memotong pembicaraan orang tanpa permisi apalagi mencela yang sedang bicara adalah contoh perilaku orang bodoh. Semoga kawan maali96 bukan orang kaya gini ya…

·         Ciri-ciri Orang Bakhil (pelit) adalah Banyak Bicara
Untuk yang ini, masih ada sangkut pautnya dengan rapat tadi kawan. Ceritanya rapatnya udah selesai, udah menemukan kata mufakat, sepakat, dan demokrasi. Si pemotong pembicaraan tadi memberikan banyak ide brilian, nah untuk merealisasikan ide tersebut dibutuhkan banyak biaya. Si pemotong pembicaraan hanya menyumbang 0,0001% dari anggaran yang dianggarkan. Apa seimbang sumbangannya dengan idenya ?. itu tanda orang pelit. Semoga kawan bukan yang ini…

·         Ciri-ciri Orang Malas adalah Banyak Bicara
Untuk yang satu ini, masih ada lagi sangkut pautnya dengan rapat RT/RW tadi. Jadi gini, Rapat tadi membahas perbaikan jalan, udah sepakat, dana udah ngumpul, nah sekarang tinggal prakteknya yaitu memperbaiki jalan. Si pemotong pembicaraan tadi kan udah ngasih ide ? dia nyumbang dikit, kerjanya juga dikit. Bahkan bisa jadi, dia cuma nyuruh-nyuruh warga yang lain. Apa gag malas coba ?

Nah kawan-kawan udah tau kan ciri-ciri orang bodoh, pelit, malas ? ohya btw, maali banyak bicara ya..?? jadi maali orang bodoh, pelit, males dong.? Semuanya bener kawan makanya bantu maali biar gag bodoh, pelit, males dengan memberi komentar berkualitas di kolom komentar. Sekian dari Maali96 semoga bermanfaat buat kawan-kawan semua. Sampai jumpa kawan :)
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;